Indek pembangunan manusia menjadi salah satu tolok ukur keberhasilan pembangunan sebuah daerah. Semakin tinggi nilainya semakin tinggi pula nilai keberhasilannya.

Kalau dilihat daftar IPM kabupaten kota di Jawa Timur, kabupaten yang berada di pulau Madura menempati 4 posisi terbawah. Posisi yang belum berubah beberapa tahun terakhit ini. Segala upaya telah dilakukan untuk peningkatan IPM namun daerah laim juga melakukan yang sama aehingga 4 kabupaten ini tetap saja dibawah.

Terlepas dari berbagai faktor kenapa 4 kabupaten ini selalu berada terbawah, semestinya kita segera instropeksi dan mencari solusi untuk memperbaikinya. Dalam bentuk terobosan konkrit berupa program yang berkaitan langsung peningkatan IPM utamanya bidang pemdidikan dan kasehatan serta sektor lainnya.

Sebagai putra daerah Madura ikut merasa terusik kenapa IPM di 4 kabupaten Madura berada diurutan terbawah ditingkat Provinsi Jawa Timur padahal Madura dan terkenal dengan mental pekerja keras serta dikenal sebagai salah satu pulau mayoritas beragama Islam, bahkan bisa 99% berpenduduk muslim ditambah ratusan pesantren tersebar dipenjuru Madura. Tapi Kenapa IPM di Madura bisa rendah? Salahnya dimana ?

Memang tak semudah membalik tangan dalam meningkatkan IPM di suatu daerah atau kabupaten. Perlu kerja keras dan cerdas dari berbagai aspek